Selasa, 24 April 2012

Cerpen Bernuansa Kedaerahan

Apa cerpen bernuansa kedaerahan itu? tentu saja Cerpen yang isinya tentang seuatu daerah atau cerpen yang bercerita tintang nilai-nilai budaya spesifik tertentu sebuah wilayah. Cerpen daerah juga bisa ditandai dengan pemakaian kosa kata-kosa kata khas sebuah area, hal ini dipengaruhi oleh sang pengarangnya.

Ciri-ciri cerpen bernuansa daerah selain bercerita tentang cerita lokal, budaya dan kebiasaan lokal, dalam penceritaannya sangat kental dengan kosa-kosa kata bahasa daerah juga ditandai dengan pengambilan setting dan tekstur sebuah daerah. Misalnya cerpen itu berasal dari Bali, maka itu tidak akan jauh dari pura, persembahyangan dan pantai serta begitulah seterusnya.

Bagaimana minat pembaca untuk menikmati cerpen kental nuansa sebuah daerah ini? Seharus minat masyarakat lebih tnggi dibamding ketika membaca novel pop remaja, kenapa? Karena pembaca akan penasaran sebuah kultur suatu daerah atau penasaran dengan setting yang ada di dalam novel itu. Pembaca cerpen akan lebih tertarik menelusuri sebuah daerah walaupun itu terkadang dalam sebuah cerpen.

Cerpen daerah yang palin hebat tentunya cerpen yang memakai bahasa daerah, namun sayangnya pembacanya akan terbatas kepada manusia yang paham akan bahasa daerah itu saja. Tentunya ini menjadi penghambat tersendiri bagi pembaca yang tidak paham dengan cerpen bahasa daerah itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar